Saibumi News

Darkmode

Profil Irjen Pol (P) Drs. Didi Haryono, S.H., M.H. Komisaris Utama Bank Kalbar

By saibumi.id

on Fri Feb 03 2023

Mengenal Sosok Irjen Pol (P) Drs. Didi Haryono saat ini

Pontianak, Kalbar – Diera Ttahun 2017 sampai 2020 warga Kalbar mengenal jargon Polda Kalbar berkibar, berkinerja dengan baik dan benar, itulah jargon yang diusung kapolda kalbar saat itu Irjen Pol drs. H. Didi Haryono, S.H., M.H, dengan tagline zero illegal dan zero tolerance.

Putera bungsu dari 3 (tiga) bersodara ini sangat piawai dalam berkomunikasi, berbagai keberhasilan diraih selama dua tahun lebih memimpin polda kalbar, berbagai penghargaan pun diraih baik di bidang pembinaan, anggaran maupun operasional.

Pelayanan publik makin berkualitas, 4 polres ditetapkan sebagai unit kerja pelayanan wilayah bebas dari korupsi (wbk), 2 polres memperoleh penghargaan sebagai role model penyelenggara pelayanan publik kategori sangat baik, dan 7 polres lainnya sebagai penyelenggara pelayanan publik kategori baik, serta 2 polres perbatasan memperoleh penghargaan terbaik.

Demikian juga, Kemenkopolhukam memberi 2 penghargaan bagi upp satgas saber pungli Prov. Kalbar, sebagai kategori terbaik pertama kinerja pokja intelijen, dan terbaik kedua kinerja pokja pencegahan.

Irjen Pol Drs. H. Didi Haryono adalah lulusan Akabri Kepolisian Tahun 1986, ia dikenal tegas dalam memimpin Polda Kalbar, menerapkan 4 tahap program 100 hari kerja, dengan konsen penegakkan hukum yang zero ilegal, dan zero tolerance.

Kejahatan lintas batas narkoba, lingkungan hidup dan karhutla menjadi prioritas utamanya. Mengedepankan kerjasama m, sinergitas, soliditas dengan stake holder untuk membawa kalbar unggul, kompetitip dan polsek sebagai lini terdepan harkamtibmas dalam mensukseskan program desa mandiri, dengan akselerasi pelayanan publik melalui penilaian masyarakat terhadap program kalbar berkibar.

Bendera tengkorak dan jempol pun bergulir sebagai pemecut kinerja. Tidak cukup disitu suami dari ibu eka rahayu ini menggandeng tim studi kepolisian untan melakukan survei, mengukur tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja polda kalbar, tahun 2018 kinerja polda kalbar di-nilai baik dengan nilai 77,61 % dan hal ini diulang ditahun 2019 dengan perolehan nilai terjadi peningkatan sebesar 3%.

Ditengah kesibukannya, putra dari (almarhum) bapak sudjak abdul gani dan (almarhum) ibu hajah siti musarofah ini selalu menyempatkan waktu duduk bersama forkopimda dan olah raga bersepeda pun menjadi pilihannya. Ia selalu turun kejalan dan hoby ini menjadi salah satu cara pak didi menjalin komunikasi dengan masyarakat.

Bak gayung bersambut pemerintah daerah dan masyarakat menaruh apresiasi terhadap polda kalbar, ada 77 pembangunan dilingkungan polda kalbar yang bersumber dari hibah, csr dan apbn seperti pembangunan sekolah polisi negara (spn) polda kalbar di singkawang, gedung ditreskrimsus, gedung mapolresta pontianak kota, pembangunan masjid al-musyarofah, asrama sudjak dan lainnya.

Tahun 2017 lalu kapolri punya amanah khusus ke pundak didi haryono, selain kecakapan profesional polri, dia juga putra daerah kalbar yang paham akan akar masalah kamtibmas lokal. Fokus yang dituju adalah pengamanan proyek nasional pilkada serentak 2018 dan pilpres langsung 2019. Pesta demokrasi yang menempatkan wilayah kalbar sebagai wilayah nomor 2 terawan dibawah papua. Berkat kerja keras, cepat dan tuntas dari kapolda dan segenap unsur forkopimda akhirnya mampu merubah menjadikan proses pilkada 2018 dari nomor 2 terawan menjadi nomor satu ter-aman di indonesia, misi itu sukses diemban didi dengan tagline kalbar berkibar.

Masih banyak keberhasilan yang diraih bersama forkopimda dan masyarakat kalbar. Fkub prov. Kalbar terbaik dalam mengelola kerukunan umat beragama, begitu juga kota singkawang menjadi kota terbaik paling tertolerance se-indonesia. Event nasional dan provinsi tergelar dengan baik dikalbar, ini semua tidak terlepas dari kesadaran masyarakat tentang pentingnya rasa aman.

Ayah dari dicky arya prawira, delia widyanisa dan defta ina mustika ini merupakan sosok pekerja keras, ramah dan santun.

Penghargaan bintang bhayangkara pratama dari presiden ri diperoleh’nya sebagai bentuk penghargaan negara terhadap anggota polri yang berjasa besar dengan keberanian, kebijaksanaan dan ketabahan luar biasa melampaui panggilan tugas kewajiban yang disumbangkan untuk kemajuan dan pengembangan kepolisian di kalbar.

Banyak hal dan prestasi yang diukir oleh anak kolong lulusan sespati ii (dua) tahun 2009 dan lemhannas tahun 2013 ini yang dikisahkan dalam sebuah buku dan diakhir masa jabatannya sebagai kapolda kalbar, pak didi telah melaunching 2 (dua) buku berjudul leader kalbar berkibar dan polda kalbar dalam pusaran sejarah kalimantan barat, mengingat seiring sejalan meniti perjalanan riwayat yang panjang.

Banyak hal yang selama ini terlewatkan namun patut untuk diketahui, melalui buku inilah pembaca diajak untuk menelaah sebuah sejarah yang nyaris belum pernah dikemukakan yaitu sejarah perjalanan institusi polri polda kalbar.

Banyak hal positif yang telah pak didi lakukan selama memimpin kepolisian daerah kalimantan barat. Banyak kisah yang menginspirasi, pa didi kembali ke mabes polri memikul tanggung jawab yang lebih besar selaku analis kebijakan utama itwasum polri dan pa didi mengakhiri tugas dikepolisian pada th. 2021 dan selanjutnya pa didi berkiprah di bank kalbar mengemban amanah sebagai komisaris utama bank kalbar sampai saat ini.

Pak didi oleh warga kalbar akan selalu dikenang sebagai salah satu putra terbaik di kalimantan barat.

#Polda Kalbar, #Polda Kalimantan Barat, #Polres Sintang, #Polres Bengkayang, #Polresta Pontianak, #Polres Kubu Raya, #Polres Sambas, #Polres Mempawah, #Polres Melawi, #Polres Kapuas Hulu,#Polres Kayong Utara, #Polres Singkawang, #Polda Jateng, #Polda Jawa Tengah, #Jateng, #Jawa Tengah, #Polres Rembang, #Polres Demak, #Polres Banjarnegara, #Polrestabes Semarang, #Polres Pati, #Polres Batang, #Polres Semarang, #Kompol Cucu Safiyudin, #Humas Polri

TwitterInstagramFacebookYoutube

Contact us

© 2023 Saibumi News Network.